Karangtengah (11/11/2024). Dalam rangka menghadapi era digital, SMP Negeri 1 Karangtengah melakukan pengembangan kemampuan pemanfaatan teknologi yang mendukung dalam proses maupun evaluasi pembelajaran.
Kali ini tenaga pendidik belajar dalam pembuatan kuis berbasis media android dengan aplikasi Kahoot!. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Guru dibimbing oleh Ibu Eva Hesti, S.Pd., guru IPA di SMP Negeri 1 Karangtengah dan Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru.
Menurut Ibu Eva selaku Narasumber, salah satu tantangan dalam membangun semangat siswa dalam pembelajaran adalah pemberian motivasi belajar siswa yang menarik yang mampu membangun kreativitas dan inisiatif.
“Oleh karena itu, agar siswa semangat dalam mengingat pembelajaran, aplikasi Kahoot! bisa digunakan membuat kuis agar siswa berlomba-lomba dalam menjawab pertanyaan” ujarnya.
Kegiatan ini terlaksana dengan baik, terlihat dari antusias dan sambutan positif para tenaga pendidik dalam belajar menggunakan aplikasi Kahoot!. Dari kegiatan ini diharapkan para tenaga pendidik dapat memanfaatkan aplikasi Kahoot! dalam menginovasi pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan mendorong minat siswa, sehingga hasil pembelajaran meningkat serta mendukung gaya belajar generasi digital.
Aplikasi Kahoot! adalah permainan game yang berisi empat fitur yaitu, quiz, jumble, survey, dan discussion. Aplikasi kahoot ini dirancang untuk berpikir cepat, karena ada batasan waktu untuk menjawab pertanyaan yang sudah dibuat. Dan aplikasi kahoot bisa diisi dengan gambar dan warna yang bervariasi, dengan diakhiri dengan gambar bintang, yang menandakan peserta didik mendapat nilai dari permainan kahoot tersebut.
Copyright © 2024
All Rights Reserved. Made with by ir@SMPN 1 Karangtengah